TITASTORY.ID, – Pihak Telkomsel sebagai Badan Usaha Milik Negara terus berinovasi dan senantiasa mengedepankan prinsip customer centricity untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Salah satunya adalah dengan menghadirkan MyGraPARI yang merupakan alat bantu untuk mendukung operasional GraPARI pada 13 kota yang ada di Wilayah Pemerintahan Maluku, Papua dan Papua Barat. Layanan ini diketahui bersifat self-service, sehingga dapat diakses secara mandiri dan memberikan digital experience kepada pelanggan.
Manager Customer Care and Postpaid Management Telkomsel Region Maluku and Papua Jimmy Smeru mengatakan layanan yang diberikan bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan Telkomsel untuk mengurus berbagai keperluan tanpa harus antre terlalu lama.
“Mulai ganti kartu, isi pulsa, pembelian paket, hingga pembayaran tagihan Telkomsel Halo, dengan menggunakan MyGraPARI adalah bentuk dari peningkatan layanan yang dapat dilakukan secara mandiri dengan mudah, dan tidak perlu banyak syarat, karena efektif dan efisien,” ungkap Smeru kepada titastory.Id.
Dijelaskan, uuntuk layanan ganti kartu, baik itu kartu yang hilang, rusak, atau upgrade kartu, syaratnya yang dibutuhkan adalah nomor HP yang akan diproses, e-KTP, dan pelanggan yang terdaftar sesuai dengan nomor HP tersebut. Kemudian MyGraPARI akan melakukan proses verifikasi dengan menggunakan e-KTP dan sidik jari pemilik nomor untuk memastikan bahwa data pelanggan sesuai dengan yang terdaftar.
“Jika data yang dibaca tidak sesuai, baik itu e-KTP-nya tidak terbaca, atau sidik jari tidak sesuai, maka proses di MyGraPARI tidak dapat dilanjutkan. Selanjutnya pelanggan akan diarahkan menemui customer service untuk dibantu menyelesaikan permasalahannya,” tambahnya.
Dikemukakan, kehadiran MyGraPARI dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pihaknya dalam hal melayani pelanggan,” lanjut Jimmy.
Selain ganti kartu, “ tegasnya lagi”, alat yang memiliki bentuk serupa dengan mesin ATM ini dapat melayani pengisian pulsa, pembelian paket, dan pembayaran tagihan Telkomsel Halo. Metode pembayarannya pun juga ada beberapa pilihan, mulai dari pembayaran tunai, kartu kredit, kartu debit, dan metode pembayaran instan lainnya.
Dan dalam untuk meningkatkan layanan prima kepada pelanggan yang menggunakan jasa Telkomsel, sejumlah lokasi yang kini telah disiapakan instalasi MyGraPARI di 13 lokasi atau Kota di kawasan Maluku dan Papua antara lain, GraPARI Mall Jayapura, GraPARI Abepura, GraPARI Sentani GraPARI Biak, GraPARI Timika, GraPARI Merauke, GraPARI Tembagapura, GraPARI Manokwari, GraPARI Telkom Group Sorong, GraPARI Lite Fakfak, GraPARI Ambon, GraPARI Masohi, GraPARI Tual dan GraPARI Nabire yang akan beroperasi di W3 Februari 2023.
Dijelaskan terkait waktu layanan, Smeru pun menerangkan bahwa, layanan GraPARI beroperasi setiap Senin sd Jumat pukul 8.00 sd 16.00 WIT, hari Sabtu pukul 8.00 sd 12.00 WIT, dan tutup pada hari Minggu atau hari libur nasional. Khusus untuk GraPARI di Mal Jayapura, layanan operasional di hari Senin sd Minggu pukul 10.00 sd 21.00 WIT. Hari Minggu atau libur nasional tetap buka (mengikuti waktu operasional Mal Jayapura).
“Selain melalui layanan MyGraPARI dan GraPARI yang tersebar di sejumlah titik, pelanggan dapat menghubungi layanan bantuan melalui Call Center 188, Facebook Messenger, Telegram, LINE, akun resmi media sosial, dan layanan asisten virtual Veronika di aplikasi MyTelkomsel yang siap membantu 24 jam 7 hari melayani kebutuhan pelanggan,” pungkas Jimmy. (TS 02)
Discussion about this post