TITASTORY.ID, – Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas pelaku usaha kreatif dan memfasilitasi perluasan akses pasar produk kreatif. Ketegasan ini disampaikan, Direktur Ambon Music Office (AMO) Ronny Loppies kepada titastory.id, sabtu (10/09/2022).
Ronny menegaskan, dengan adanya pameran AKI, para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner kriya, fesyen, aplikasi, musik dan film, maka para pelaku ekonomi kreatif memiliki kesempatan untuk menimba ilmu dari mentor-mentor terbaik di Indonesia sesuai bidangnya.
Loppies juga mengaskan, terhadap posisi Kota Ambon sebagai kota musik dunia maka musik mestilah menjadi salah satu strategi jitu dalam hal ini musisi lokal untuk dapat berkreasi dan berhasil di era digital.
” Dalam ajang ini saya juga diberikan kesempatan sebagai narasumber dan fokus pemetaan materi adalah “Strategi Musisi Lokal Agar Tetap Cuan Maksimal Di Era Digital”. Hal ini perlu disampaikan, karena melalui musik tentunya dapat memberikan keuntungan di erah digital.
Djelaskan, kegiatan pameran Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan kegiatan yang sebelumnya tahun 2021 dan kembali digelar di tahun 2022, dengan mengambil posisi kegiatan di Maluku City Mall, Ambon.” terang Loppies.
Dia juga menyampaikan, tahun 2021, Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) kembali dilaksanakan di enam belas kota/kabupaten Indonesia dengan tujuan agar para serta produk yang dimiliki akan terpublikasikan. Dan untuk Kota Ambon adalah momentum untuk menunjukan bahwa ekosistem kreatif teruma musik tetap hidup[ dan saling beririsan dengan sektor UKM lain di Kota Ambon.
“ Untuk kota Ambon menunjukkan bahwa ekosistem kreatif terutama musik tetap hidup dan saling beririsan dengan sektor – sektor UMKM lainnya.” terang Roni Loppies.
Untuk diketahui, Rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 telah melalui proses Pendaftaran Peserta pada tanggal 28 Februari sampai 7 April 2022. Sedangkan Prakurasi & Kurasi dilakukan pada tanggal 8 sampai 14 April 2022.
Peserta yang mendaftar dari enam belas kota/kabupaten adalah sebanyak 6.571 dari seluruh subsektor (kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik dan film). Peserta yang lolos seleksi administrasi dan lolos tahap kurasi ada lebih dari 400 peserta.
Dalam proses kurasi yang dilakukan, tim kurator masing-masing subsektor melakukan proses kurasi melalui metode kuantitatif untuk memilih peserta dengan berbagai kriteria penilaian yang mengacu pada dokumen
Pedoman Penilaian Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022, Dalam pelaksanaan Pameran di enam belas kota/kabupaten akan dipilih satu peserta terbaik untuk mengikuti Pekan Puncak Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 di Jakarta, sehingga nantinya akan terdapat 16 pameran produk unggulan AKI 2022.
Rangkaian acara Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 dilaksanakan di Kota Ambon pada tanggal 9 – 11 September 2022.
Selain melakukan pameran produk, peserta akan mendapatkan materi dari sharing pengetahuan dari narasumber terbaik di Indonesia sesuai dengan bidangnya.
Sedangkan pada hari ketiga peserta akan bertemu dengan Super Mentor AKI 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.(TS 02)
Discussion about this post